Fungsi SCBA DAN EEBD SAAT KEBAKARAN

FUNGSI SCBA DAN EEBD SAAT KEBAKARAN

EEBD (Emergency Escape Breathing Device) dan SCBA (Self-Contained Breathing Apparatus) adalah dua jenis peralatan keselamatan hidup yang sering digunakan oleh petugas pemadam kebakaran. Kedua alat tersebut sangat penting untuk membantu petugas dalam menangani kebakaran dengan efektif dan aman. Kita dapat membedakan penggunaan EEBD dan SCBA dalam kebakaran sebagai berikut:

  • EEBD: EEBD digunakan untuk membantu petugas yang terjebak atau terisolasi di dalam gedung atau area yang terdampar api. EEBD membantu petugas untuk bernafas secara mandiri selama beberapa saat untuk keluar dari area yang terkena dampak kebakaran. Biasanya, EEBD dibuat untuk penggunaan sekali pakai dan sangat mudah digunakan.
  • SCBA: SCBA digunakan oleh petugas pemadam kebakaran untuk memberikan jaminan keselamatan diri mereka selama proses pemadaman kebakaran. Dalam situasi kebakaran, udara tercampur dengan berbagai macam gas dan partikel yang berbahaya. Dengan menggunakan SCBA, petugas pemadam kebakaran dapat bernafas dengan aman dalam situasi kebakaran yang berbahaya. Biasanya, SCBA dilengkapi dengan tabung oksigen dan dilengkapi dengan pelindung wajah dan badan untuk memberikan perlindungan penuh pada petugas.

Keduanya adalah peralatan yang sangat penting dan berbeda dalam penggunaannya. EEBD membantu petugas keluar dari daerah kebakaran yang terdampar sementara SCBA membantu petugas dalam menjalankan tugas mereka selama proses pemadaman kebakaran.

Maka dari itu, seorang petugas pemadam kebakaran harus selalu mengetahui kapan dan bagaimana penggunaan kedua alat ini dalam keadaan darurat kebakaran.

  • Mutu Penjualan Produk Kami :
    Service
    SDM Terbaik
    Bergaransi

CV.VARIA SAFETYNDO MANDIRI
Telp/WA : 0857-3020-5674
Email : variasafetyndomandiri10@gmail.com
Pusat : Jl.Simorejo VIII No.66 Surabaya
Cabang : Ds.Klantingsari Dsn.Wonosari Rt 03/Rw 02 Tarik-Sidoarjo